Jumat, 04 November 2011

tertawa

Tertawa - Kesehatan - Alkitab

Penelitian membuktikan tertawa menurunkan hormon kortisol sampai 39%, adrenalin sampai 70% dan dopac ( katabolit utama dopamin) sampai 38%. Artinya kalau kita tertawa, ini adalah relaksasi dan proses penyembuhan. Jadi firman yang berkata, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur" (Amsal 17:22), itu terbukti.

Bagaimana kita bisa tertawa, sering kali kegembiraan kita tergantung kalo kita aman dalam keuangan, keluarga sehat, tidak ada masalah......sehingga kalo ada masalah keuangan, ada yang sakit, kita jadi sedih, boro boro tertawa dan mungkin kita jadi ikut sakit.

Demikian saya terkesan dengan salah satu ponakan saya yang mengatakan "the joy of the Lord is my strength" sukacita yang disebabkan hubungan dengan Tuhan. Sebuah sumber yang tidak terbatas tetapi kadang terasa tidak nyata, padahal benar.

Walaupun dalam banyak masalah, entah masalah keuangan atau kesehatan, sulit untuk bisa tertawa, tapi bila kita mendasarkannya pada hubungan kita dengan Tuhan sebagai sumber kekuatan kita, kita gak bisa happy, tapi ada pengharapan disana, sehingga walaupun gak happy tapi tidak putus asa, itulah "joy" , jadi gak salah kalo gereja kita disebut "new joy". Sehingga ini malah bisa menjadi obat yang manjur untuk masalah dan penyakit yang kita alami.


demikian dikatakan, kita tidak bisa menghindari burung terbang diatas kepala kita. Tetapi kalo burung bisa bersarang dan bertelor diatas kepala kita, itu adalah salah kamu sendiri. Artinya, tidak semua terjadi diluar kendali kita, ada hal hal yang masih bisa kita lakukan untuk kebaikan dan kesembuhan, Tuhan memberkati. Selain berobat ke dokter.- 1 Nov 2009

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan selayaknya kamu berkata kata

pengikutku